Nama : Anisa Maryati
Npm : 10210874
Kelas : 4ea13
Norma
berasal dari bahasa inggris yakni norm. Dalam kamus oxford norm berarti usual
or expected way of behaving yaitu norma umum yang berisi bagaimana
cara berprilaku, jadi norma adalah patokan prilaku dalam satu kelompok
tertentu, norma memungkinkan sesorang untuk menentukan terlebih dahulu
bagaimana tindakannya itu akan dinilai oleh orang lain, norma juga merupakan
kriteria bagi orang lain untuk mendukung atau menolak prilaku seseorang. Norma
juga merupakan sesuatu yang mengikat dalam sebuah kelompok masyarakat, yang
pada keselanjutannya disebut norma sosial, karena menjaga hubungan dalam
bermasyarakat. Norma pada dasarnya adalah bagian dari kebudayaan, karena awal
dari sebuah budaya itu sendiri adalah intraksi antara manusia pada kelompok
tertentu yang nantinya akan menghasilkan sesuatu yang disebut norma
Norma
terdiri dari beberapa macam, yaitu :
*
Norma Agama adalah adalah suatu
norma yang berdasarkan ajaran aqidah suatu agama. Norma ini bersifat mutlak
yang mengharuskan ketaatan para penganutnya. Apabila seseorang tidak memiliki
iman dan keyakinan yang kuat, orang tersebut cenderung melanggar norma-norma
agama.
* Norma Kesusilaan
adalah norma yang didasarkan pada hati nurani atau ahlak manusia.
* Norma Kesopanan
adalah norma yang berpangkal dari aturan tingkah laku yang berlaku di
masyrakat. Cara berpakaian dan bersikap adalah beberapa contoh dari norma
kesopanan.
* Norma Kebiasaan (Habit)
Norma ini merupakan hasil dari perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang
dalam bentuk yang sama sehingga menjadi kebiasaan. Orang-orang yang tidak
melakukan norma ini dianggap aneh oleh anggota masyarakat yang lain.
* Norma Hukum
Adalah himpunan petunjuk hidup atau perintah dan larangan yang mengatur tata
tertib dalam suatu masyarakat (negara). Sangsi norma hukum bersifat mengikat
dan memaksa. Membayar denda tilang adalah merupakan norma hokum yang harus
ditaati.
Etika berasal dari Yunani
Kuno yaitu “ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan, yang dimaksud adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana
cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan
penilaian moral.
Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk,
dan tanggung
jawab.
Secara
umum etika dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
a.
Etika Umum , yaitu berbicara mengenai
norma dan nilai moral, kondisi-kondisi dasar bagi manusia untuk bertindak
secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, lembaga-lembaga
normatif dan semacamnya.
b.
Etika
Khusus, yaitu penerapan prinsip-prinsip atau norma-norma moral dasar dalam
bidang kehidupan yang khusus.
Etika
juga memiliki prinsip dalam etika bisnis, yaitu terdiri dari
a.
Prinsip Otonomi., yaitu sikap dan kemampuan manusia untuk bertindak berdasarkan
kesadarannya sendiri.
b.
Prinsip Kejujuran. Prinsip kejujuran meliputi pemenuhan syarat-syarat
perjanjian atau kontrak, mutu barang atau jasa yang ditawarkan, dan hubungan
kerja dalam perusahaan.
c.
Prinsip Tidak Berbuat Jahat dan Berbuat Baik. Prinsip ini mengarahkan agar kita
secara aktif dan maksimal berbuat baik atau menguntungkan orang lain.
d.
Prinsip Keadilan. Prinsip ini menuntut agar kita memberikan apa yang menjadi
hak seseorang di mana prestasi dibalas dengan kontra prestasi yang sama
nilainya.Prinsip Hormat Pada Diri Sendiri.
Istilah stakeholder sudah sangat populer. Kata
ini telah dipakai oleh banyak pihak dan hubungannnya dengan berbagi ilmu atau
konteks, misalnya manajemen bisnis, ilmu komunikasi, pengelolaan sumberdaya
alam, sosiologi, dan lain-lain. Lembaga-lembaga publik telah menggunakan
istilah stakeholder ini secara luas ke dalam proses-proses pengambilan dan
implementasi keputusan. Secara sederhana, stakeholder sering dinyatakan sebagai
para pihak, lintas pelaku, atau pihak-pihak yang terkait dengan suatu issu atau
suatu rencana. Dalam buku Cultivating Peace, Ramizes mengidentifikasi berbagai
pendapat mengenai stakekholder ini. Beberapa defenisi yang penting dikemukakan
seperti Freeman (1984) yang mendefenisikan stakeholder sebagai kelompok atau
individu yang dapat memengaruhi dan atau dipengaruhi oleh suatu pencapaian
tujuan tertentu. Sebuah stakeholder perusahaan adalah pihak
yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh tindakan dari bisnis secara
keseluruhan. Kelompok stakeholder terdiri dari kelompok primer dan sekunder. Kelompok Primer terdiri dari pemilik modal
atau saham, kreditor, karyawan, pemasok, konsumen, penyalur dan pesaing atau
rekanan. Kelompok Sekunder terdiri dari pemerintah setempat, pemerintah
asing,kelompok social, media massa, kelompok pendukung, masyarakat.
Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu
tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility),
biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi
penderitaan. "Utilitarianisme" berasal dari kata Latin utilis,
yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan.[1]Istilah ini juga sering disebut sebagai teori
kebahagiaan terbesar (the greatest
happiness theory) Criteria
dan Prinsip Utilitarianisme yaitu : Manfaat, Manfaat Terbesar, Manfaat
Terbesar Bagi Sebanyak Mungkin Orang. Nilai positif yang terkandung dalam utilirianisme
adalah Rasionalitas, Utilitarianisme
sangat menghargai kebebasan setiap pelaku moral, Universalitas. Ulitarianiisme
juga memiliki kelemahan yaitu a. manfaat merupakan konsep yg begitu luas
sehingga dalam kenyataan praktis akan menimbulkan kesulitan yg tidak sedikit.
b. etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius nilai suatu tindakan pd
dirinya sendiri dan hanya memperhatikan nilai suatu tindakan sejauh berkaitan
dengan akibatnya. C. etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius
kemauan baik seseorang
Dalam
membahas prinsip-prinsip etika profesi dan prinsip-prinsip etika bisnis, kita
telah menyinggung tanggung jawab sebagai salah satu prinsip etika yang penting,
namun adapun syarat bagi tanggung jawab moral. Status perubahan Yaitu :
1. tanggung jawab
mengandaikan bahwa suatu tindakan dilakukan dengan sadar dan tahu.
2. tanggung jawab
juga mengandalkan adanya kebebasan pada tempat pertama.
3. tanggung jawab
juga mensyaratkan bahwa orang yang melakukan tindakan tertentu memang mau
melakukan tindakan itu.
A) keterlibatan Sosial Perusahaan :
a. Tujuan utama
bisnis adalah mengejar keuntungan sebesar-besarnya
b. Tujuan yang
terbagi-bagi dan harapan yang membingungkan
c. Biaya keterlibatan
social
d. Kurangnya tenaga terampil
di bidang kegiatan social
B) Argumen yang Mendukung Perlunya Keterlibatan
Sosial Perusahaan
a. Kebutuhan
dan harapan masyarakat yang semakin berubah
b.
Terbatasnya sumber daya alam
c.
Lingkungan sosial yang lebih baik
d. Pertimbangan
tanggung jawab dan kekuasaan
Dalam bisnis, kita harus memahami
pemahaman Tradisional, yaitu :
a. Keadilan Legal,
Menyangkut hubungan antara individu atau kelompok masyarakat dengan Negara.
b. Keadilan
Komutatif, Mengatur hubungan yang adil atau fair antara orang yang satu dengan
yang lain atau warga Negarasatu dengan warga negara lainnya.
c. Keadilan
Distributif, Keadilan distributif (keadilan ekonomi) adalah distribusi ekonomi
yang merata atau yang dianggap merata bagi semua warga negara.
Para Pekerja Mempunyai Hak-hak, macam-macam hak pekerjaan yaitu
:
1. Hak
atas pekerjaan, Merupakan hak azasi manusia karena ada beberapa factor yang
mendukung seperti kerja.
2. Hak atas upah
yang adil, Hak atas upah yang adil merupakan hak legal yang diterima dan
dituntut seseorang sejak ia mengikat diri untuk bekerja pada suatu perusahaan
3. Hak untuk
berserikat dan berkumpul, Untuk bisa memperjuangkan kepentingannya, khususnya
hak atas upah yang adil, pekerja harus diakui dan dijamin haknya.
4. Hak atas
perlindungan kesehatan dan keamanan, Selain hak-hak diatas, dalam bisnis modern
sekarang ini semakin dianggap penting bahwa para pekerja dijamin keamanan,
keselamatan dan kesehatannya.
5. Hak untuk
diproses hukum secara sah, Berlaku ketika seorang pekerja dituduh dan diancam
dengan hukuman tertentu karena didugamelakukan pelanggaran atau kesalahan
tertentu.
Whistle blowing adalah tindakan seorang pekerja yang memutuskan untuk melapor
kepada media, kekuasaan internal atau eksternal tentang hal-hal ilegal dan tidak
etis yang terjadi di lingkungan kerja. Contohnya adalah seseorang
atau beberapa orang karyawan untuk membocorkan kecurangan entah itu dilakukan
oleh perusahaan maupun yang dilakukan oleh atasan kepada orang lain. Ada dua macam whistle blowing :
1.Whistle blowing internal
Hal ini terjadi ketika seorang atau beberapa orang karyawan tahu mengenai kecurangan yang dilakukan oleh karyawan lain atau kepala bagiannya kemudian melaporkan kecurangan itu kepada pimpinan perusahaan yang lebih tinggi.
2.Whistle blowing eksternal
Menyangkut kasus dimana seorang pekerja mengetahui kecurangan yang dilakukan perusahaannnya lalu membocorkannya kepada masyarakat karena dia tahu bahwa kecurangan itu akan merugikan masyarakat.
Kontrak
Dianggap Baik Dan Adil bila
1.
Kedua belah pihak mengetahui sepenuhnya hakikat dan kondisi persetujuan yang
mereka sepakat
2.
Tidak ada pihak yang memalsukan fakta tentang kondisi dan syarat-syarat kontrak
3.
Tidak ada pemaksaan
4.
Tidak mengikat untuk tindakan yang bertentangan dengan moralitas
Produsen adalah setiap orang perorangan atau
badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang
didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negara
Republik Indonesia, baik sendiri maupun bersama-sama melalui perjanjian menyelenggarakan
kegiatan usaha dalam berbagai bidang ekonomi.
Kewajiban produsen dan pertimbangan gerakan konsumen adalah :
A.
Kewajiban yang harus dipenuhi oleh produsen antara lain :
a. Memenuhi
ketentuan yang melekat pada produk.
b.
Menyingkapkan semua Informasi
c.
Tidak mengatakan yag tidak benar tentang produk yang ditawarkan.
B. Pertimbangan Gerakan
Konsumen :
a. Produk
yang semakin abnyak dan rumit.
b. terspesialisasinya
jenis jasa.
c. Pengaruh
iklan terhadap kehidupan konsumen.
d. Keamanan
produk yang tidak diperhatikan.
e. Posisi
konsumen yang lemah.
Iklan adalah dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara yaitu promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat
usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor.Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi
secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi
publik, penjualan, dan promosi penjualan.
Fungsi iklan sebagai pemberi informasi dan
sebagai pembentuk opini. Dalam Sumber Informasi iklan, dapat membantu masyarakat unruk memilih
altenatif produk yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan kebutuhannya.
Artinya iklan dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada yang
lainnya, baik tentang produknya, distribusi atau tempat pembeliannya atau
informasi lain yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat
Iklan sebagai pembentuk pendapat umum dipakai oleh propagandis
sebagai cara untuk mempengaruhi opini publik. Dalam hal ini, iklan bertujuan
untuk menciptakan rasa ingin tahu atau penasaran untuk memiliki atau membeli
produk.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar