NAMA : ANISA
MARYATI
NPM
: 10210874
KELAS : 3EA13
DOSEN : DR.
PRIHANTORO, SE., MM
TEMA : Loyalitas
Konsumen Terhadap Penggunaan Suatu Produk
JUDUL : Pengaruh
Bauran Produk, Pelayanan dan Promosi terhadap
Kepuasan
dan Peningkatan Jumlah Pelanggan Pada Restoran
Steak
(Waroeng Steak & Shake)
KERANGKA
TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR
A.
Kerangka Teori
Pemasaran
adalah aliran produk secara fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang
perantara ke konsumen. Definisi lain menyatakan bahwa pemasaran adalah
suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan
mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain. Pemasaran melibatkan banyak kegiatan
yang berbeda yang menambah nilai produk pada saat produk bergerak melalui
sistem tersebut.
Konsep
paling pokok yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia. Dengan adanya perkembangan jaman,
kebutuhan berkembang menjadi suatu keinginan mengkonsumsi suatu produk dengan
ciri khas tertentu. Munculnya keinginan akan menciptakan permintaan
spesifik terhadap suatu jenis produk. Seseorang dalam menentukan
keputusan pembelian akan mempertimbangkan nilai dan kepuasan yang akan didapat
dari mengkonsumsi suatu produk. Apabila konsumen yakin akan nilai dan
kepuasan yang akan didapat, maka konsumen akan melalukan pertukaran dan
transaksi juall beli barang dan jasa. Hal inilah yang mendasari
terjadinya pasar.
Tujuan sistem
pemasaran :
Secara umum,
tujuan sistem pemasaran adalah sebagai berikut :
Ø Memaksimumkan konsumsi
Ø Memaksimumkan utilitas (kepuasan)
konsumsi
Ø Memaksimumkan pilihan
Ø Memaksimumkan mutu hidup
·
Kualitas,
kuantitas, ketersediaan, harga, lingkungan
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam
pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
- Product (produk)
- Price (harga)
- Place (tempat, termasuk juga distribusi)
- Promotion (promosi
Strategi
pemasaran merupakan
hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan
suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh
pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang
menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai
tujuannya.”[2] Sehingga dalam menjalankan usaha kecil
khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena
pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan
pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran menurut W. Y. Stanton
pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan
tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual
maupun potensial.[3] Berdasarkan definisi di atas, proses
pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang
akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
- Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
- Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
- Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Pada
umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan
bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai
berikut :
- Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
- Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut
ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut
pandang penjual :
- Tempat yang strategis (place),
- Produk yang bermutu (product),
- Harga yang kompetitif (price), dan
- Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut
pandang konsumen :
- Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
- Biaya konsumen (cost to the customer),
- Kenyamanan (convenience), dan
- Komunikasi (comunication).
B.
Kerangka
Berfikir
Berdasarkan
teori diatas maka akan diketahui bahwa bauran pemasaran akan mempengaruhi
selera dan daya tarik konsumen. Dalam memasarkan produknya, produsen harus pandai mengatur strategi pemasaran, ntah
dengan cara periklanan, communication, dan mengetahui kebutuhan dan keinginan
konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar