Kamis, 29 November 2012

METODOLOGI PENELITIAN



NAMA       :          ANISA MARYATI
NPM          :                 10210874
KELAS      :                    3EA13
DOSEN     :     DR. PRIHANTORO, SE., MM
TEMA       :    Loyalitas Konsumen Terhadap Penggunaan Suatu Produk
JUDUL      :    Pengaruh Bauran Produk, Pelayanan dan Promosi terhadap
                      Kepuasan dan Peningkatan Jumlah Pelanggan Pada Restoran
                      Steak (Waroeng Steak & Shake) 
 


METODOLOGI PENELITIAN

A.    Objek Penelitian
      Penelitian ini dilakukan oleh manajemen Restoran Steak Waroeng Steak & Shake kepada seluruh pelanggan yang datang.

B. Metode Pengumpulan Data
1.      Data Primer
Dengan menyebarkan kuesioner yang dijawab oleh responden.
2.      Data Sekunder
Dengan melihat data historis penjualan dan data historis pelanggan manajemen Restoran Steak Waroeng Steak & Shake.

C. Data / Variabel yang Digunakan
            Sesuai dengan tujuan penelitian ini, variable yang akan diuji meliputi variable Dependen (Y) yaitu Kepuasan Konsumen dan variabel Independen (X) yaitu Produk (X1), Pelayanan (X2), dan Promosi (X3).

D. Teknik Pengumpulan Sampel
            Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dipilih secara non probabilitas (Non Random Sampling Method), yaitu tidak semua subyek atau individu dari populasi mendapatkan kemungkinan (probabilitas) yang sama untuk dijadikan anggota sampel. Dalam penelitian ini, kriteria non random yang digunakan adalah orang yang sedang makan (menyantap steak) di Restoran Steak Waroeng Steak & Shake.

E. Alat Analisis yang Digunakan
1. Skala Likert
Skala Likert tersebut adalah teknik pengukuran sikap yang paling luas digunakan dalam riset pemasaran. Skala Likert disebut juga summated rating scale. Skala Likert memungkinkan responden untuk mengepresikan intensitas perasaan mereka secara lebih luas. Hal ini dimungkinkan karena pertanyaan yang terdapat dalam Skala Likert memiliki jawaban berjenjang atau dengan kata lain memilikikemungkinan jawaban yang lebih banyak.
Pada saat menggunakan Skala Likert, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
a.       Urutan pertanyaan perlu diacak agar setiap pertanyaan mendapat peluang yang sama untuk setiap posisi
b.      Hindari keseragaman pilihan jawaban dengan mengacak titik ekstrem positif dan negative. Misalnya letakan kata sangat setuju sebagian disebelah kiri dan sebagian lagi disebelah kanan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pemberian jawaban yang seragam untuk semua jawaban.
Dalam penelitian ini untuk mengukur variabel-variabel digunakan kuisioner dengan pendekatan “Skala Likert” dengan lima (5)angka yaitu :
·         Sangat Puas skor 5.
·         Puas skor 4.
·         Kurang Puas skor 3.
·         Tidak Puas skor 2.
·         Sangat Tidak Puas skor 1.
2.      Analisis Regresi Linear Berganda
Metode yang juga digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dimana variabel independen pada penelitian ini adalah faktor-faktor bauran pemasaran (X) dan variabel dependen pada penelitian ini adalah kepuasan (Y).

Rumusan persamaan regresi yang digunakan adalah sebagai berikut :
Y = a + bx1 +bx2 + bx3
Dimana : Y = Kepuasan Konsumen
X1 = Produk
X2 = Pelayanan
X3 = Promosi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar